03 Januari 2009

Dunia untuk Palestina

Konflik Palestina-Israel harus dibawa ke konteks yang lebih luas dan tidak berhenti pada konteks agama. Konflik ini bukan sekedar masalah perseteruan antara Islam dan Yahudi. Konflik ini menyentuh isu kemanusiaan yang memperlihatkan adanya pelanggaran hak-hak rakyat sipil Palestina oleh pasukan militer Israel.

Tidak perlu menjadi seorang Muslim untuk menyadari bahwa orang-orang Palestina membutuhkan bantuan. Tidak perlu menjadi seorang Muslim untuk menyadari bahwa Israel sedang melakukan sebuah kesalahan. Dengan moral dan hati yang bersih, kita bisa melihat bahwa rakyat sipil Palestina telah menjadi korban kebrutalan pasukan militer Israel.

Sebuah artikel di Republika Online memberitakan beberapa selebriti Inggris seru Israel hentikan pembunuhan. Tiga selebriti yang disebutkan dalam artikel tersebut menyatakan sikap tidak setuju terhadap agresi militer Israel tanpa membawa embel-embel Islam atau Yahudi.

Coba kita bayangkan kalau apa yang terjadi di Palestina juga terjadi di tempat tinggal kita. Apakah kita akan tinggal diam bila tempat tinggal kita dijajah? Apakah kita akan tinggal diam bila tempat tinggal kita dihujani bom? Apakah kita akan tersenyum saat melihat keluarga kita tewas akibat ledakan bom? Apakah kita akan tertawa saat kita terluka akibat ledakan bom?

Ada banyak pertanyaan yang dapat kita tanyakan kepada diri kita sendiri untuk menimbulkan rasa empati kepada nasib rakyat sipil Palestina. Jangan sampai mata kita dibutakan oleh konteks Islam-Yahudi sehingga kita gagal melihat masalah yang sebenarnya terjadi.

Mari kita membantu rakyat sipil Palestina. Mereka butuh bantuan untuk merawat luka-luka, mengurus kematian, dan bertahan hidup. Mereka butuh makanan, minuman, obat-obatan, dan tempat tinggal. Mereka adalah korban perang.

Ada banyak lembaga yang dapat membantu menyampaikan bantuan kita ke rakyat sipil Palestina. Komite Nasional untuk Rakyat Palestina menerima donasi untuk Palestina. MER-C memiliki rekening khusus untuk donasi ke Palestina. Blog Save Palestine membeberkan beberapa lembaga yang siap menerima bantuan uang untuk disalurkan ke Palestina.

Masih banyak cara lain untuk membantu rakyat sipil Palestina. Turun ke jalan untuk melakukan demonstrasi damai menyuarakan kecaman terhadap agresi militer Israel. Memberikan komentar logis dan tidak emosional dalam bentuk apa pun mengenai kejahatan perang yang dilakukan Israel. Mengajak pihak lain untuk membantu rakyat sipil Palestina. Kalau memang tidak ada yang bisa kita lakukan, mari kita berdoa agar segera terbentuk perdamaian di wilayah Palestina dan Israel.

Referensi:
--
Amir Syafrudin

Versi PDF tulisan ini: T/A (Tidak Ada)

2 komentar:

  1. donasi bisa juga disalurkan liwat PMI. Rek PMI melalui BRI cab Pancoran 03 900 10000 30 303

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas tambahan informasinya.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.