11 Februari 2009

Ingin Boikot Produk Pendukung Israel?

Saat pertama kali saya memutuskan untuk boikot produk-produk pendukung Israel, saya kebingungan. Produk apa yang perlu saya boikot? Apakah produk Amerika dan Israel? Tapi bagaimana saya tahu produk yang tepat untuk diboikot? Saya tidak ingin sembarangan melakukan boikot dan merugikan diri saya sendiri terutama bila produk yang akan saya boikot adalah produk yang memang saya butuhkan.

Setelah lama mencari informasi, akhirnya saya menemukan sebuah situs bernama "Innovative Minds" di http://www.inminds.co.uk/. Pintu masuk menuju informasi tentang boikot produk Israel ada di http://www.inminds.co.uk/boycott-israel.php. Dari sini saya menemukan daftar produk-produk yang diidentifikasi sebagai pendukung Israel. Halaman yang menyediakan daftar tersebut dapat diakses di http://www.inminds.co.uk/boycott-brands.html.

Ternyata banyak produk yang biasa saya konsumsi masuk ke dalam daftar itu seperti Coca Cola dan Nokia. Saya perhatikan satu per satu produk yang masuk ke dalam daftar tersebut dan menemukan semakin banyak produk yang biasa saya konsumsi seperti rekan-rekannya Coca Cola (Fanta dan Sprite), McDonald's, dan lain-lain.

Yang menarik dari daftar produk tersebut adalah setiap gambar produk yang ditampilkan tertaut dengan informasi berisi temuan-temuan yang mengindikasikan bahwa produk tersebut mendukung Israel. Saya coba klik gambar McDonald's dan menemukan temuan-temuan yang mendukung klaim bahwa McDonald's mendukung Israel. Hal ini berlaku sama untuk produk-produk yang lain.

Sayangnya sampai saat penulisan ini saya baru sampai pada tahap mengidentifikasi produk-produk apa saja yang perlu saya hindari namun belum sampai kepada keputusan tegas untuk meninggalkan produk-produk itu.

Referensi:
--
Amir Syafrudin

Versi PDF tulisan ini: T/A (Tidak Ada)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.